TIPS MENGHADAPI SENIOR GALAK


Hey, readers!


Kali ini aku mau nge-share gimana cara mengahadapi senior galak. Versi aku doang tapi yah, soalnya aku nggak yakin kalo semua orang punya tips yang sama kayak aku, ehehe.


Artikel ini aku buat untuk para mahasiswa baru yang kewalahan menghadapi senior yang emm..bisa dibilang agak kurang kerjaan sampe tiap ketemu sama mahasiswa baru bawaannya pengen ngerjain aja. Soalnya kalo senior yang kerjaannya banyak gak mungkin sempet ngerjain juniornya ‘kan!

Langsung aja ke tipsnya yah!^^

  1. Jangan pernah ketawa ketika senior sedang mengintrogasi kamu.
Ini saran yang menurut saya harus dinomor satukan. Banyak yang menganggap kalau senior galak lagi ngelawak pas ngintrogasi/ngerjain junior itu butuh diketawain, guys. Tapi sebenarnya itu salah besar. Kebanyakan senior tidak banyak yang menyukai suara tawa juniornya -_-. Ini pengalaman loh, aku pernah ketawa saat seniornya lagi ngelawak, eh malah malah makin dinyolotin.
  1. Sebaiknnya pasang wajah polos.
Ketika senior sedang mengintrogasi kamu sebaiknya jangan memasang wajah yang menunjukan kalau ‘saya tidak suka di introgasi/dikerjain’. Sebaliknya kamu pasang aja wajah datar, kalo sanggup senyum yah senyumin aja deh.
  1. Jangan terlalu terlihat memelas.
Banyak yang mengira dengan memasang wajah memelas akan mendapat kemudahan dari si senior. Itu salah ,guys! Senior yang doyan ngerjain junior itu sebenarnya mengaharapkan wajah memelas kalian. Dengan kalian memasang wajah memelas si senior mungkin saja akan menandai kalian sebagai junior yang mudah di kerjain. Nanti yang ada kalian bakal dikerjain lagi kedepannya.
  1. Jangan sok akrab.
Kalian pasti berpikiran kalo kita sok akrab sama senior mungkin akan sedikit memudahkan. Oh, no! Senior malah kebanyakan memilih mangsa yang dekat dengan dia alias yang udah dia kenal.
  1. Berani pada saat yang tepat.
Kalian kalau sudah ketemu senior yang nyolot pasti bawaannya pengen ngikut nyolot, apalagi buat kalian yang emang punya mental pemberani dan jago cek-cok mulut. Aku saranin nih, sebaiknya simpan dulu keberanian kalian, karena kalian sama senior itu kuliah ditempat yang sama untuk jangka waktu yang nggak sebentar. Kalau kalian bermasalah sama si seniornya, yang ada dunia perkuliahan kalian nggak tenang. Tapi, guys kalian harus ngeluarin keberanian kalian kalo si senior ini udah kebangetan, misalnya si senior udah ngelakuin hal yang menurut kalian nggak manusiawi kayak ‘pelecehan seksual, penghinaan, kekerasan fisik yang berlebihan’. Disaat seperti itu kalian juga harus memperjuangkan harga diri kalian!
  1. Jangan sok inisiatif
Sok inisiatif yang aku maksud disini itu ada banyak, salah satunya adalah kalian yang berpikir untuk menghindar dari si senior dengan alasan yang tidak benar. Waduh, itu sih agak bahaya. Kalo si senior ngedapetin kalian bohong, kalian  bisa dikerjain makin parah. Inisiatif yang lain yang nggak boleh kamu lakuin itu, bertanya pada senior ‘kak boleh saya pergi sekarang?’  ketika dia sedang mengintrogasi/ngerjain kalian. Peratanyaan seperti itu biasanya akan dimaknai lain oleh si senior. Mending kalian tungguin aja ampe si senior nyuruh bubar. Tapi kalo emang ada yang benar-benar kebelet di kerjain, kamu kasih tau aja deh ke si senior, semoga dia mengerti. Aamiin.


Kayaknya itu aja yah. Aku kehabisan tips-_-

Intinya kalian itu harus hormat sama semua senior. Baik itu senior galak ataupun senior baik. Jangan ada pilih kasih yah, sama ratakan perlakuan kalian biar aman.

Eh, ada lagi satu tips! Buat kalian yang MaBa, jangan keseringan jalan sambil bergerombol/ berkelompok! Ntar kentara banget kalo kalian itu MaBa dan otomatis para senior kuker yang demen ngerjain MaBa pasti akan ketarik minatnya buat ngerjain kalian. Intinya kalian jangan terlalu menunjukan kalo identitas kalian sebagai MaBa.

Oke sip! Semoga tips ini bermanfaat buat kalian. Dan semoga senior kalian nggak galak-galak amat yah.. aaamiiin.

don’t forget to follow my ig :v
@m_saras

Komentar

Postingan Populer