TIPS PENDAFTARAN DAN PENGALAMAN MENGIKUTI TES SELEKSI CALON TARUNA/i STIN 2017

Yo, hello readers!


Ini artikel pertama yang aku buat, jadi maklumin aja yah kalau misalnya penjelasannya kurang detail trus bahasanya rada amburadul^-^

Sebelumnya aku mau ngasih tau, artikel ini udah pernah hadir di wordpress aku, cuman wordpressnya udah di hapus!


Dari judul aja kalian pasti udah tau maksud dan tujuan aku buat ngeshare artikel ini, right?

Jadi tuh sebenarnya aku bikin artikel ini karna ngerasa info tentang seleksi masuk STIN itu emang susah di dapet. Malah kayaknya banyak yang gak tau kalau di indonesia ada juga sekolah ikatan dinas kayak STIN, orang-orang tuh kebanyakan taunya cuman STAN, STMKG, AKMIL, dan sebagainya. Maklum yah, STIN itu emang mengutamakan kerahasiaan mereka. Dulu waktu awal mau daftar seleksi aku juga sempet bingung mau nanya ke siapa. Artikel yang ngeshare pengalaman tes STIN juga sedikit banget ampe bisa di itung jari doang. Tapi alhamdulillah waktu itu daftarnya lancar.

Untuk yang belum tau apa itu STIN, aku jelasin deh. STIN itu singkatan dari Sekolah Tinggi Intelijen Negara. STIN ini tuh modelnya kayak sekolahan calon mata-mata gitu, guys. Aku sih kurang tau lokasi pastinya sekolah ini dimana tapi yang aku tau sekolahnya itu ada di Bogor.


Langsung aja ke intinya yah, guys!


Tips Pertama buat kalian yang mau daftar, aku saranin segera bikin KTP dulu biar nggak ribet yah, kalo udah kepepet tapi e-KTPnya belom jadi, yaudah bikin KTP sementara aja dulu. kenapa musti bikin KTP? Karena nanti kamu bakal sering berurusan sama NIK. Walaupun NIK juga sebenarnya ada di kartu keluarga tapi sedia payung sebelum hujan nggak ada salahnya loh. Dan usahakan kalian lihat dulu kriteria yang bisa masuk STIN. Jangan asal daftar.

Tips kedua sediain uang sekurang-kurangnya 700ribuan lah buat ongkos ngurus berkas. Itu udah termasuk uang bensin, kuota, dan uang nge-print sama ngescan berkas. Dulu tuh aku waktu ngurusnya bareng ama temen aku jadi kitanya patungan, gampang deh ngurusnya.

Berkas yang harus kalian adain pasti dikasih tau di website resminya STIN jadi nggak usah aku jelasin yah. Intinya kalian harus ngirim berkasnya itu tepat waktu dan jangan nunda-nunda! tanamkan dalam benak kalian kalo ‘lebih cepat lebih baik’.

Menurut aku sih nggak ada berkas yang susah-susah amat diurusnya, tapi yang paling ngerepotin itu ngurus surat keterangan berbadan sehat, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan tidak buta warna, dan surat hasil tes psikologi. Karna emang berkas-berkas itu yang ngurusnya pake duit banyak ditambah lagi aku harus bolak-balik rumah sakit. Satu tips lagi, mumpung lagi di RS kalian sebaiknya bikin Kartu Golongan Darah biar pas ngisi biodata tentang goldar kalian nggak asal nebak golongan darah kalian. By the way, sebenernya untuk surat hasil tes psikologi aku nggak punya soalnya di website emang udah dikasih tau kalo itu nggak wajib dikirim trus di RSUD aku nggak menyediakan tes psikologi untuk anak dibawah 19 tahun, guys.

Setelah pengumpulan berkas, akan ada jeda beberapa hari sebelum pengumuman dari STIN. Nah, aku sama temen aku lulus, guys.  Jadi kita mutusin untuk pergi ke tempat seleksi barengan. Fyi, tempat seleksi calon taruna/i STIN nggak tersedia di semua provinsi yah, cuman di beberapa spot di Indonesia. Waktu daftar online emang udah ditanya di daerah mana kita mau tes. Waktu itu aku milihnya ke daerah yang paling deket yaitu Makassar, soalnya akutuh orang sulawesi tenggara ehehehe ^^

Karna aku udah di umumin lulus kelengkapan administrasi jadi aku dikirimin email yang berisi tentang borang-borang dan format berkas lain yang harus aku bawa nantinya. Misalnya format Kartu Ujian Seleksi STIN, format surat permohonan menjadi mahasiswa STIN, dan ada juga surat panggilan yang melampirkan detail benda apa yang akan diperlukan untuk tes.

Saran buat tempat tesnya di luar daerah kayak aku, sebaiknya bawa perlengkapan yang cukup, bawa minyak angin dan obat-obatan yang perlu kalo misalnya kamu orangnya gampang nggak enak badan, trus jangan pernah lupa kabarin tentang keadaan kamu ke keluarga (sekalian minta doa yang banyak).

Waktu tes aku nggak ngekos tapi numpang nginap di rumah keluarga temen aku. Untungnya keluarga temen aku itu orangnya baiiiik pake banget jadi aku nggak ngerasa canggung dan nggak mempengaruhi kegiatan seleksi.

Di website resminya udah dikasih tau kalau sehari sebelum tes itu kita harus verifikasi berkas dulu, kita juga dikasih tau alamat tempat tes sekaligus tempat verifikasi berkas. Disaat verifikasi berkas kita diharuskan bayar 50ribu buat TKD. Kalo misalnya kalian bingung trus bilang “lah kok bayar sih? Harusnya kan gratis! Kasus suap pasti nih?”. Nggak kok, guys J
Pembayaran 50ribu ini udah di atur sebagai prosedur dan udah ada undang-undangnya juga malah, yaitu Peraturan Pemerintah nomor 63 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada badan kepegawaian negara. Tapi kalo misalkan ada pihak-pihak tertentu yang minta duit dengan janji manis bakal dikasih lulus, sebaiknya jangan langsung di iyain yah. Karena emang marak penipuan dengan motif klasik kayak gitu.

Sesuai jadwal tes, aku di tempatkan di hari pertama di sesi ke-4. Tes pertama itu adalah TKD, untuk yang belom tau apa itu TKD silahkan di searching di google aja yah biar jelas. TKD-nya ini menggunakan metode CAT(Computer Assisted Test). Jadi setelah selesai tes kita bisa langsung liat hasil dari tes kita dan bisa langsung di ranking sama pihak STIN. Sebelum tes ini dimulai kita udah dikasih tau tentang nilai minimum yang harus kita capai untuk lulus tes biar kita kerjanya nggak asal.

Tips buat yang mau TKD, segeralah cari contoh soal CPNS dan contoh soal TKD lainnya. Itu bakal berguna banget, guys. Sebelum tes sebaiknya kalian tenangin perasaan biar nggak gemeter pas mencet mouse-nya hehe. Pastikan jawaban kalian itu adalah jawaban yang paling benar yah. Kalo masih ada waktu buat periksa ulang jawaban kalian sebaiknya kalian coba periksa ulang aja, jangan mudah terpengaruh sama yang udah selesai duluan.


Disaat sesi TKD udah selasai aku sama temen-temen peserta tes yang lain diarahkan ke ruangan semacam aula gitu, guys.  Disitu di umumin siapa aja yang bisa lanjut ke seleksi selanjutnya. Ternyata hanya peserta dari ranking 1 sampai 15 yang boleh terus lanjut di sesi aku dan alhamdulillah aku waktu itu ranking ke-4. Sebelum pulang pihak STIN juga ngasih tau kalau kita harus puasa dari jam 10 malam buat kepentingan tes selanjutnya dan juga barang apa yang harus kita bawa untuk tes selanjutnya.


Next test?


Tes selanjutnya adalah tes kesehatan fisik dan jiwa. Ini tes yang paling nggak bakal bisa dilupain. Karena aku cewe jadi aku ceritain versi cewenya aja, soalnya versi cowo beda lagi tesnya. Tes kesehatan fisiknya itu nggak ada bedanya kayak tes kesehatan fisiknya seleksi masuk polisi yah. Ada tes mata, tes tinggi badan dan berat badan, tes telinga, hidung,tenggorokan alias THT, tes tekanan darah, tes urine, tes darah, tes keperawanan, tes rekam jantung, tes ambeyen, tes postur tubuh, dan tes ronsen(ronsen ato ronseng sih?apasih ketikannya? Intinya kedengarannya kayak gitu lah :v)

Banyak kan tesnya?

Menurut aku sih untuk lolos tes ini kalian harus punya badan yang normal dan sehat. Nggak ada tips yang bisa aku share untuk tes ini soalnya kesehatan fisik memang nggak bisa di ubah-ubah hasilnya, semua tergantung gimana kondisi fisik kalian.

Tes kesehatan ini dilaksanakan di Rumah sakit yang aku sendiri lupa namanya. Tes yang dilaksanakan pertama itu tes kesehatan fisik kemudian di susul dengan tes kesehatan jiwa.

Kalo tes kesehatan jiwanya sih biasa aja, cuman dikasih buku yang isinya ratusan pertanyaan dan harus kita selesaikan selama 2 jam. Cara jawabnya cuman ya atau tidak doang, guys. Menurut aku sih, sebenarnya jumlah pertanyaannya nggak ratusan karena banyak pertanyaan yang diulang dan juga pertanyaan dengan bunyi yang berbeda tapi maksudnya sama. Fungsi dari pertanyaan yang terulang ini itu untuk menguji pendirian kita, guys. Tapi, jangan coba-coba nyari jawaban kalian yang sebelumnya buat di samain karna waktu kalian nggak bakal cukup.

Setelah tes kesehatan ternyata nggak langsung di umumkan siapa yang gugur dan langsung dilanjut ke tes selanjutnya. Tapi peserta ada yang kurang beberapa untuk tes selanjutnya karna mengundurkan diri, guys. Kurang tau mundur karna apa, mungkin capek atau emang tes kesehatan udah bikin dia kurang percaya diri.

Tes selanjutnya itu psikotes. Psikotes ini terdiri tentang beberapa subtes, ada tes koran, tes warteg, dan sebagainya. Tes ini cukup menguras kinerja otak kalo kalian nggak latihan dengan baik sebelumnya. Jadi, tips aku kalian silahkan cari artikel tentang psikotes dan cara mudah untuk menyelesaikannya.

Sehari sesudah psikotes aku sama para peserta seleksi lain kembali dikumpulkan di tempat berlangsungnya psikotes yaitu di SMA yang aku lupa lagi namanya apa jelasnya lokasinya dekat lapangan hassanudin, untuk melakukan tes intelejensi umum.

Tes intelejensi umum ini susah-susah gampang, guys. Aku nggak bisa kasih tips karna aku juga nggak yakin ngerjainnya bener.

Setelah selesai tes aku dan peserta lain dikasih lembar kerta portofolio buat ngisi pertanyaan yang bakal dijadiin bahan tes MI alias mental ideologi. Ngisinya nggak boleh ngasal soalnya untuk sesi Mental Ideologi ini bakal ada sesi wawancaranya. Kalo diwawancara jawaban kamu beda sama yang kamu tulis udah pasti ada nilai minusnya. Tes MI tertulis ini kebanyakan berisi tentang pancasila dan G30 S PKI.

Walaupun tes MI tertulis didahulukan tapi tes wawancara MI itu bagian terakhir. Sebelumnya ada tes kesemaptaan.

Sebenarnya, Ada kejutan yang nggak keduga sebelum mulai tes MI tertulis. Yaitu ada sekitar 10 orang dipanggil dari rombongan para seleksi. Awalnya aku pikir itu cuman dipanggil biasa doang ternyata mereka yang dipanggil itu dinyatakan gugur. Kata temen-temen aku sih yang 10 orang itu nggak lulus psikotes, tapi menurut aku sih itu mungkin karna fisik mereka kurang sehat buat tes kesemaptaan.

Ok, skip!

Tes kesemaptaan adalah tes selanjutnya. Aku awalnya cukup percaya diri sama tes ini karena sudah terbiasa dengan kegiatan olahraga. Fyi again, aku malah sempet jadi perhatian pihak STIN karna punya banyak prestasi non-akademik dan punya hobbi lukis sama nulis ehehe. Tapi semuanya pupus ketika aku tau bahwa ada tes renang :v ironis kan yah?

Tes kesemaptaan ini terdiri dari tes lari 12 menit, tes chining untuk cewe dan untuk cowo tesnya pull up, tes sit up, push up, shuttle run, dan terakhir renang. Sebelum tes bakal di ukur dulu tekanan darahnya jadi pastiin kalian tidur cukup dan nggak stess pas mau tes kesemaptaan, karena kalo tekanan darah kalian nggak memungkinkan untuk tes kalian bakal langsung di eliminasi.

Semua rangkaian subtes kesemaptaan aku laluin dengan lancar kecuali tes renang. HAHA. Sebenernya akutuh nggak tau kalau misalnya ada tes renang karna tahun-tahun sebelumnya emang nggak ada tes renang tapi yasudah lah. Walaupun nggak pinter renang setidaknya menurut aku tes lain nilai aku tinggi-tinggi. Always positive!

Setelah tes kesemaptaan besoknya dilaksanakan tes MI versi wawancara. Tes ini lumayan menegangkan dan prosesnya agak lama soalnya pewawancaranya beberapa orang doang dan jumlah kita peserta waktu itu cukup banyak.

Waktu tes wawancara ini aku kebagian panggilan pas udah mau magrib padahal mulai tesnya dari jam 7 pagi. Kebayangkan gimana lamanya.

Tes wawancaranya itu luar biasa bikin gugup. Apalagi pas udah ditanyain, padahal pewawancara aku waktu itu cukup ramah loh, tapi rasanya kayak ngadepin guru killer disekolah. Yang ditanyain nggak jauh beda sama waktu tes MI tertulis cuman bedanya kita bakal ditanyain pertanyaan yang hanya bisa kita sendiri yang jawab misalnya :

“pernah pacaran?”
“kalau disuruh ke tempat ibadah agama lain mau nggak?”
“menurut kamu hukuman mati untuk pengedar narkoba itu pantes nggak?”


Yah semacam pertanyaan tentang toleransi gitu lah. Waktu itu aku jawabnya jujur aja, sesuai gimana yang sebenarnya, guys. Karena menurut aku, jujur adalah satu-satunya cara buat lulus dites ini. Di tes wawancara ini aku juga sempet ditanyain tentang prestasi non-akademik yang aku bisa, dan aku jawab aku itu atleet silat kabupaten, eh malah disuruh nunjukin gerakan :v yaudah aku peragain deh disitu. Diruang wawancara aku tuh bukan cuman ada aku doang ada satu temen juga yang lagi di wawancara jadi aku malunya pas disitu, apa lagi pas hampir nendang meja. Tapi setelah nanya-nanya peserta lain ternyata bukan cuman aku yang disuruh aneh-aneh, malah ada yang disuruh nyanyi juga. Enough for that curhat :v


Dan berakhirlah rangkaian tes yang harus dijalanin, kami pun diperbolehkan pulang ke rumah/daerah masing-masing. Selang beberapa minggu menunggu akhirnya hasil tes keluar dan ternyata di rayon makassar yang lulus cuman tiga orang dan itu nggak termasuk aku. Sempet sedih sih, tapi mau digimanain lagi udah itu hasilnya.


Ok, kayaknya sekian untuk artikel ini. semoga bermanfaat untuk kalian. Aaamiin. Kalau misalnya mau nanya-nanya silahkan komen. Nggak yakin bisa fastrespon ngejawabnya tapi aku usahain kejawab semua.

Wassalam ._.

Komentar

  1. Asalamualaikum . Kak mau tanya itu serius ada tes berenang nya ? Sya gabisa berenang ,- tapi sya niat daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya serius ada tes berenang. Tapi kalau niat daftar harusnya belajar renang dong

      Hapus
    2. Kak kalo punya hasil yang cukup baik di tes kesemaptaan tapi di tes renangnya gabisa itu memungkinkan lolos ga ka?

      Hapus
  2. Kak, kalau mata minus itu masih punya peluang lolos seleksi nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau mata minus , tapi saya masih punya kelebihan yang lain:)

      Hapus
  3. Kak, kalo mata minus ngaruh gak sama kelulusan nya itu?

    BalasHapus
  4. Klau mata minus gimana ya penilaian nya? Kuota per provinsi berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang tau masalah penilaiannya panitia dek, bukan saya yg peserta :(. Dan kuota perprovinsi juga gk dikasih tau

      Hapus
  5. Kak kalo ada gigi bolong atau ga rapih gmn kak?

    Saya juga anak silat kak salam pencak silat

    BalasHapus
  6. Kalo gigi berlubang bisa daftar gak kak..? Mohon di jawab kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua bisa daftar dek. tapi kalo udah gigi berlubang pasti presentase akan lolosnya lebih dikit

      Hapus
    2. Kak klo gigi ompong bisa lolos tdk?

      Hapus
  7. Kak mau tanya, apa ada test mapel kyk bahasa ingg, bindoo,mate,fis,kim,bio? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. testnya gk berupa mapel dek. tapi dibeberapa tes pasti masukin salah satu konten mapel kamu selama sekolah

      Hapus
  8. Kak kalo tinggi dan berat badan cewe minimal berapa ya? Terus kalo mata minus dan gigi berlubang itu bisa daftar?

    BalasHapus
  9. Kak alamat tesnya di makassar itu daerah mana ya kak? klo blh tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh udah agak lupa dek dulu alamatnya dimana soalnya emang gk domisili di makassar jadi gk ngapalin nama tempatnya

      Hapus
  10. Kak mau nanya dong. Itu tiap tes bakal ada kartu tes baru gk ya ? Atau sama dari awal tes ?

    BalasHapus
  11. Kak jalur undangan ada ya kak? Syaratnya apa aj? Di jalur undangan itu ada test lagi gk kak?

    BalasHapus
  12. Kak nilai terendah&tertinggal waktu seleksi administrasi brp kak?

    BalasHapus
  13. Halo, terima kasih sebelumnya sdh membagikan info nya yaa, mau nanya.. Gimana kalau sudah ada tato sejak 3 tahun silam, apakah masih ada peluang diterima? Terima kasih

    BalasHapus
  14. Afwan kak, ana mau tanyak, kalau misal dulu punya penyakit mental (self harm) bisa ikut daftar kak dan untuk tes keperawanan itu bagaimana ya kak, apakah yang melakukan tesnya dokter cewek apa cowok kak? Syukron

    BalasHapus
  15. Kak jurusan yang paling diminati di STIN apa kak?

    BalasHapus
  16. Kak, kalo untuk surat tes narkoba itu dimintanya kapan kak???

    BalasHapus
  17. Kak katanya kn yang lulus cuma 3 orang, apakah 3 orang yang lulus itu adalah orang yang mempunyai nilai tertinggi waktu tes skd?

    BalasHapus
  18. Ka, waktu test mata itu di testnya gmna aja ya? di suruh baca baca aja atau pakai komputer otomatis gitu?
    plis jawab ya k a

    BalasHapus
  19. Kalau tes keperawanan itu di cek langsung orgn vitalnya??

    BalasHapus
  20. Kak, kalau bahu tinggi sebelah gimana? Bisa lanjut ga?

    BalasHapus
  21. Kak kalo kaya bekas luka diperiksa gak mohon bantuannya. Maksih

    BalasHapus
  22. kak coba ceritaan pengalaman test kesehatan lebih mendetail dong, soalnya aku takut aja klo ada test keperawanan gitu karna cerita cerita orang banyak yang negatif

    BalasHapus
  23. Kalau gigi yg di tambal, masih bisa diterima?

    BalasHapus
  24. kira kira berapa lama ya kak menunggu dari selesainya MI wawancara sampai pemanggilan pantukhir? apakah sampai sebulan lebih? terimakasih ^^

    BalasHapus
  25. Kak mau nanya, itu tes renangnya di kolam yang berapaeter ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya 25 meter itu jarak yang harus di tempuh ? Kalo dalem kolamnya kalo gasalah 2-3 meter

      Hapus
  26. Kak mau nanya saya ada varises dan bekas luka di siku kanan saya, apakah bisa ikut test kak? Tolong jawab ya kak.

    BalasHapus
  27. Kakk mau tanyaa, untuk tes kesepmataan nya ada minimalnya ngga?? kaya renang minimal berapa meter? sit up, push up nya berapa?

    makasii:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klau mau daftar bareng yu, ga ada temen:)

      Hapus
    2. iya, dek. setiap sub tes kesemaptaan itu diberi score minimal. kalau renang waktu itu sekitar 15 meter kalo gk salah, sit up dan push up juga ada minimalnya dalam jangka waktu 2 menit. jadi kalo bisa 2 menit ini bisa ngasilin push up dan sit up sebanyak-banyaknya

      Hapus
  28. Ka kalo ga perawan ga lolos dong?

    BalasHapus
  29. Kak mau tanya, masalah tes keperawanan ini gimana ya?

    BalasHapus
  30. izin tanya kak, kalo ga punya keahlian non akademik, apakah hal itu akan memengaruhi hasil tes?

    BalasHapus
  31. Ka mau tanya itu untuk tes psikologi nya berapa lama ya ka??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer